Selasa, 07 April 2015

Cerita Motivasi Hidup - Pelajaran Yang Begitu Besar dari sebuah Kentang


 Pada suatu hari di sebuah sekolah ada seorang guru yang sedang mengadakan sebuah permainan. Permainan ini sangat unik. Yaitu di setiap Murid di wajibkan membawa sebuah plastik transparan dan di dalam kantong plastik itu harus berisikan sekurang - kurangnya satu buah kentang.

 Di kentang tersebut di tuliskan nama orang yang paling di benci, jika ada Lima orang yang di benci maka kantong plastik itu harus berisikan buah kentang yang masing - masing harus bertuliskan nama orang yang paling di benci.

 Pada keesokan harinya, para Murid akhirnya membawa plastik yang berisikan kentang yang bertuliskan nama seseorang yang di bencinya, ada yang membawa satu, ada yang membawa dua, bahkan ada yang membawa enam buah kentang.

 Seperti perintah gurunya mereka harus membawa plastik yang berisikan kentang itu kemanapun mereka pergi, bahkan ke toilet sekali pun kentang tersebuat harus tetap bawa selama satu minggu.

 Hari berganti hari, kentang - kentang yang di bawa para Murid mulai membusuk, mereka mulai mengeluh, apalagi yang sampai membawa enam buah kentang di dalam kantong plastiknya. Selain berat, baunya juga tidak sedap.

 Setelah satu minggu, murid - murid tersebut mulai merasa agak lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir. Ibu gurupun membahas permainan membawa kentang di dalam kantong plastik yang transparan itu kepada murid - muridnya. Ada yang menjawab Bu guru saya merasa tidak nyaman membawa kentang busuk ini. Karena saya jadi begitu tidak enak makan di buat baunya yang busuk. Pada umumnya para murid merasa tidak nyaman membawa kentang busuk itu kemana - mana.

 Kemudian sang guru menjelaskan perihal permainan yang sedang mereka mainkan itu " Anak - anak kentang itu ibarat kebencian, rasa benci atau rasa dendam kalian kepada seseorang yang kalian pendam/simpan dalam hati dan kita bawa kemana - mana. Gimana rasanya? Sangat tiidak nyaman bukan? Maka dari itu janganlah menyimpan dendam atau kebencian terhadap seseorang di dalam hati kita. Semakin lama kita menyimpan dendam atau rasa benci di dalam hati kita maka akan semakin merusak mental dan jiwa kita, dia akan menjadi kanker yang siap mengerogoti tubuh kita, sama seperti halnya racun yang berada di kentang busuk ini. Apakah kalian memahami apa yang ibu maksud?"

 "Mengerti bu guru" Jawab para murid bersamaan.

 Teman, sahabat, mitra dll, yang saya banggakan. Apapun bentuk kesalahan orang lain terhadap kita, apapun bentuknya (yang disengaja maupun yang tidak disengaja) yang pasti jika kita mengintanya terus, simpan terus apalagi jika sampai timbul rasa dendam yang akan membalasnya lebih kejam lagi dari apa yang telah beliau lakukan terhadap kita. Maka seumur hidup kita akan menderita. Segeralah memaafkan dan melupakan atas kesalahan yang telah di perbuatnya terhadap kita. Namun sebaliknya jika kita telah melakukan kesalahan terhadap orang lain hendaklah kita segera meminta maaf secepatnya agar tidak ada timbul rasa benci, rasa dendam dan kita pun bisa terbebas dari rasa kegelisahan.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi sebuah pembelajaran buat kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar