Jumat, 15 Mei 2015

Waspada Jenis Penipuan Terbaru Melalui SosMed (Sosial Media)

SosMed (Sosial Media) saat ini adalah salah satu ajang favorit yang di gunakan oleh banyak orang untuk mengusir rasa boring dan suntuk. Sosmed juga banyak di gunakan banyak orang untuk mencari teman baru, agar bisa berkomunikasi dengan baik walau pun dengan jarak yang sangat jauh.

Tidak sedikit juga, orang - orang menggunakan sosial media sebagai tempat untuk mencari pacar/jodoh. Namun, kita harus pula berhati - hati dalam mencari jodoh/pacar di sosial media. Selain terdapat banyak akun faker's juga banyak terdapat para penipu yang memanfaatkan wajah ganteng/cantiknya untuk memperdaya mangsanya.

Seperti pengalaman yang di alami oleh teman kita yang berinisial (A S), sekitar satu minggu yang lalu, beliau janjian bertemu dengan kenalannya/pacar dunia mayanya, yang di kenalnya melalui salah satu sosial media sekitar dua minggu yang lalu.

Akhir kata mereka janjian dan bertemu di salah satu hotel yang berada di jakarta. Namun, naas ketika si (A S) sholat Ashar, Pacar yang baru saja di kenalnya sebagai seorang pengusaha sukses. Lari membawa kabur barang - barang berharganya. Akibat kejadiian itu (A S) mengalami kerugian sekitar 12 jt rupiah.

(L A) seorang wanita berusia sekitar 23 tahun ini tadi sore mengalami hal yang sama seperti yang di alami oleh (A S), Dia berkenalan dengan seorang pria yang mengaku sebagai pengusaha sukses dan memiliki wajah yang lumayan ganteng. Mereka janjian untuk ketemuan di salah satu Hotel, dan pada saat si korban lengah, si pelaku menguras habis harta benda yang di miliki oleh korban. Kerugian yang di alami oleh (L A) hanya berkisar kurang lebih 5 jt rupiah.

Menurut (L A) awalnya beliau curiga, ketika si Pelaku (M N) mencopot sebuah kalung emas yang berada di lehernya dan bertanya. "Ini emas asli?"

"Iya, ini emas murni 24 karat." Jawab (L A)

"Beli dimana?" tanya si pelaku lagi

"Di toko emas langganan saya"

Kemudian si pelaku mengembalikan kalung tersebut, namun tidak langsung di pasangnya. dia malah menarunya di meja yang berada di kamar Hotel. Karena, si pelaku ini ingin memotretnya dengan alasan ingin membuat kalung seperti itu, namun yang lebih gede lagi.

Saat (L A) keluar mencari makanan, si pelaku langsung kabur dengan membawa tas dan semua isinya, di dalam tas itu ada sebuah handphone dan alat kosmetik dan sebuah kalung emas.

Saran saya buat para Wanita/perempuan. Pintar - pintarlah dalam menanggapi kenalan baru. Terlebih itu hanya sebatas teman dari dunia maya. Ada baiknya jika ingin bertemu/copy darat jangan di sebuah hotel atau penginapan. Ada baiknya jika di rumah anda atau di tempat umum yang banyak terdapat kenalan anda. Antisipasi hal - hal yang tidak di inginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar