Jumat, 27 November 2015

Inilah Pertanyaan Yang Keluar Saat Wawancara Kerja


Biasanya para pelamar kerja akan merasa sangat panik dan gugup bahkan ada yang sampai stress saat akan di hadapkan dengan yang namanya wawancara kerja. Kalau menurun saran admin sih, kamu don't panik dan hadapi dengan tegas.

Tegas saja gak cukup sih, anda juga harus menyiapkan expresi yang tegar dan sering - sering berlatih di depan cermin, tentang bagaimana raut wajah yang baik dan tidak terlihat tegang saat anda di hadapkan dengan kondisi wawancara kerja.

Sebaiknya anda persiapkan juga jawaban tentang pertanyaan dibawah ini agar anda bisa di terima untuk bekerja di perusahaan yang anda tuju.

1. Ceritakan tentang diri anda

Ini adalah pertanyaan yang selalu ada jika anda sedang wawancara kerja, karena pertanyaan ini banyak sekali menyiman jebakan. Kebanyakan orang - orang menjawab dengan menceritakan tentang hal pribadi dan pengalaman kerjanya. Akan tetapi, sebaiknya anda menceritakan sekilas tentang pengalaman profesional yang pernah anda miliki dan yang terpenting jawaban anda akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang sedang anda tuju.

2. Apa kelemahan anda

Padat, singkat tapi berbobot itulah istilah yang sangat cocok untuk pertanyaan sederhana yang penuh dengan jebakan ini. Sebaiknya anda jangan menghindarinya jawablah dengan jujur dan jelaskan bagaimana anda mengatasinya.  Yang lebih baiknya lagi anda harus memanfaatkan pertanyaan ini dengan menjadikannya sebagai kekuatan dengan menunjukkan jika anda adalah seorang yang bijak dalam mengambil sebuah keputusan.

3. Berapa gaji yang anda harapkan

Sebaiknya anda jangan menjawab pertanyaan ini dengan tergesa - gesa. Akan tetapi sebaiknya anda balik bertanya tentang rincian pekerjaan yang akan anda lakukan jika anda diterima dan diskusikan gaji pada sesi berikutnya. Dan hal yang paling perlu untuk anda ingat adalah pada saat anda sedang negosiasi tentang gaji, sebaiknya anda menyebutkan angka kisaran daripada angka pasti.

4. Mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda sebelumnya

Jika anda memiliki hubungan yang buruk dengan bos lama anda, sebaiknya anda jangan menceritakannya. Anda bisa mengatakan jika anda menginginkan suatu tantangan baru yang lebih besar dan katakan juga kalau pekerjaan ini sangat cocok buat anda. Satu hal lagi, jika anda di pecat pada pekerjaan sebelumnya sebaiknya anda menjelaskan bahwa anda memiliki sebuah tujuan yang tercapai pada perusahaan tempat anda bekerja terdahulu.

5. Mengapa anda menginginkan pekerjaan ini

Hal yang paling penting dan harus anda lakukan ialah mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut melalui situs dan media sosial, setelah itu jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan visi dan misi dari perusahaan tersebut dengan tujuan jika anda sangat menginginkan pekerjaan tersebut serta apa yang akan anda tawarkan kepada perusahaan jika anda di terima bekerja.

Itulah 5 pertanyaan yang sering keluar pada saat kita menjalani wawancara kerja. Satuhal yang paling penting saat sedang menjalankan wawancara kerja ialah rajin - rajinlah mengecek eamail masuk yang anda miliki.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar