Senin, 27 Juli 2015

Cara memperbaiki Kinerja Hp Android Yang Lemot Atau Lambat Supaya Kembali

Android Adalah sebuah inovasi yang di luncurkan oleh para ahli Yang mendukung untuk kemampuan smarphone dari segi komponen dan fitur yang saat ini semakin berkembang di belantara dunia.

Di indonesia sendiri, Android bukan lagi sebagai barang yang  mewah. Karena, hampir semua kalangan yang memiliki/menggunakan handphone berbasis android yang di miliki oleh mbah google ini. Karena harga yang di tawarkan juga relatif murah, di mulai dengan harga Rp 500.000 rupiah (LIma ratus ribu rupiah) hingga puluhan juta rupiah.

Orang - orang tertarik menggunakan handphone berbasis os/android ini di picu oleh beberapa hal diantaranya. Memiliki fitur - fitur yang canggih dalam pengeditan di bandingkan dengan handphone jenis lain. Memiliki fitur bersosial media yang lengkap juga mudah, seperti Facebook, BBM, Line, Whatsapp DLL. Namun, walaupun begitu, banyak perangkat seluler yang berbasis android ini yang mengalami masalah karena kinerjanya mulai melambat, atau sistem yang menjadi lemot.

Sistem kinerja handphone android yang menjadi lemot bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti :

1. Spesifikasi handphone yang tidak cukup tangguh untuk melakukan multitasking.

2. Terlalu banyak menginstal aplikasi

3. Cache aplikasi yang terpasang tidak pernah di bersihkan, sehingga menumpuk.

Untuk mengatasi/memperbaiki kinerja handphone android agar kembali fresh dan tidak lemot lagi, ikuti panduan berikut.

1. Menyeimbangkan pemakai memori internal

Hal ini sangat perlu tuk anda perhatikan. Bahwa jika memori internal terlalu banyak menyimpan data atau anda terlalu banyak menyimpan/menginstal aplikasi di memori internal bisa membuat kinerja handphone anda menjadi berat, sehingga membuat kinerja handphone android anda menjadi lemot/kecapean. Saran saya, lebih baik menyeimbangkan pemakaian memori yang ada.

2. Jangan Memasang Widget terlalu banyak di Handphone anda.

Terrkadang kita ingin membuat tampilan handphone kita supaya menjadi unik/keren, sehngga kita mendownload berbagai macam widget untuk mengubah tema tampilan layar handphone agar menjadi unik, lucu dan juga keren. Tapi perlu anda ketahui bahwa, terlalu banyak memasang widget yang membuat tampilan layar menjadi unik, keren dan lucu akan memakan daya batrai yang banyak apalagi jika kita menggunakan live walpaper, maka akan membuat kinerja handphone android kita menjadi lemot/lemah.

3. Membersihkan cache

Membersihkan cache handphone seminggu atau sebulan sekali akan menjaga kinerja handphone anda tetap stabil. Karena, aplikasi yang telah kita unduh atau gunakan meninggalkan sisa data yang berkelanjutkan yang di sebut dengan cache. Penumpukan cache yang tertinggal di handphone anda bisa membuat kinerja handphone menurun sehngga terjadilah kelemotan. Cache juga bisa di sebut sebagai history browser. Untuk membersihkan cache ini kita bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore atau anda bisa melakukannya sendiri dengan membuka menu pengaturan, jika anda tidak tahu cara membersihkan cache handphone anda bisa membaca postingan saya yang lama tentang Cara Mengatasi Handphone Yang Tidak Bisa Download Aplikasi Tanpa Harus Mereset Atau Instal Ulang Handphone.

4. Update Selalu Aplikasi

Sistem operasi aplikasi yang ada di handphone anda terkadang memiliki versi yang harus di perbarui, maka dari itu pentingnya mengupdate aplikasi untuk mencegah terjadinya kelemotan atau kelambatan kinerja handphone anda. Karena, aplikasi yang di tidak di upgrade akan mempengaruhi kinerja handphone yang mengalami masalah yang mengakibatkan handphone tidak kompatible.

5. Jangan menjalankan aplikasinterlalu banyak secara bersamaan

Menjalankan aplikasi secara bersamaan akan mengakibatkan terjadinya loading yang begitu lama karena tugas procesor menjadi sangat berat dan mengakibatkan kinerja handphone melambat. Untuk menghindari terjadinya hal ini ialah dengan cara menutup aplikasi sebelumnya setelah anda selesai menggunakannya, kemudian membuaka aplikasi lainnya yang ingin anda gunakan.

Begitulah lima tips dari saya untuk membuat kinerja handphone anda tidak menjadi berat. Dan saya harapkan dengan adanya tips dan trik ini kita semua bisa menjadi bijak lagi dalam menjalankan/menggunakan perangkat dan menjaga keoptimalan kinerja ponsel yang berbasis android agar tidak mengalami masalah kelemotan/kelambatan kinerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar