Jumat, 15 Januari 2016

Anda di Bully Atau Di Olok - Olok Di Sosial Media? Inilah Yang Harus Anda Lakukan!


Hidup di era teknologi yang serba modern dan komunikasi yang maju seperti saat ini, tentu akan membuat banyak orang untuk bisa memiliki serta mengakses sosial media. Tentu saja hal ini akan banyak menuai karakter serta berbagai macam perasaan. Salah satunya pesan yang yeng bernada tidak menyenangkan bahkan mungkin terkesan melecehkan serta maju menjadi sebuah bullying yang mampir di beranda medi sosial anda.

Menurut seorang psikolog klinis Liza Marielly Djaprie, ketika anda  mendapat sebuah respon pesan atau komentar yang mengarah kepada sebuah penindasan di sosial media milik anda, anda tidak perlu untuk membalas atau meresponnya dengan nada yang sama yaitu kemarahan. Karena, hat itu justru akan menurunkan level anda sendiri dan secara tidak langsung anda juga akan menjadi sama dengan pelaku cyberbullying.

"Jika pelaku cyberbullying melihat korbannya merespon diaakan senang, jadi lebih baik biasa saja," katanya dalam sebuah kampanye 'Rayakan namamu' yang di gagas oleh Coca Cola saat di Jakarta beberapa saat lalu.

Psikolog yang bekerja di Sanatorium Dharmawangsa ini juga mengingatkan kepada seluruh pengguna media sosial, bahwa si pemilik akun medi sosial yang menjadi korban cyberbullying juga memiliki hak. Salah satunya ialah melakukan block terhadap akun yang di kira mengganggu.

Liza juga mengingatkan kepada anak - anak yang memiliki media sosial agar para orang tuanya juga bisa untuk mengakses media sosial tersebut. Dengan begitu, orang tua juga akan bisa mengetahui apa saja yang terjadi terhadap anaknya di sosial media tersebut, termasuk jika terjadi cyberbullying atau kal yang tidak menyenangkan lainnya lewat sosial media.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar